Minggu, 16 Oktober 2011

PERBEDAAN TOPOLOGI JARINGAN BUS, RING DAN STAR

BUS

Pada topologi bus dua unjung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan mentap Ethernetnya sepanjang kabel.
Instalasi jaringan Bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas 5-7 komputer. Kesulitan yang sering dihadapi adalah kemungkinan terjadinya tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana dan jika salah satu node putus maka akan mengganggu kinerja dan trafik seluruh jaringan.                                                      
* Keunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain.

*Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan

                      
RING

Topologi  Ring adalah topologi yang berupa jaringan titik yang saling terhubung dan bentuknya menyerupai cincin.

 Kelebihan Dari Ring :

·                               Tidak ada komputer yang  memonopolo jaringan Karna setiap komputer mempunyai hak akses...
·                               Data mengalir dalam satu arah sehingga terjadinya Collysion
Dan ada Pula kekurangan dari topologi Ring ialah:

·                             Apabila ada satu komputer dalam ring yang gagal berfungsi, maka akan mempengaruhi keseluruhan jaringan.
·                            Sulit untuk mengatasi kerusakan di jaringan yang menggunakan topologi ring
                                                

STAR

Topologi star digunakan dalam jaringan yang padat, ketika endpoint dapat dicapai langsung dari lokasi pusat, kebutuhan untuk perluasan jaringan, dan membutuhkan kehandalan yang tinggi. Topologi ini merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel daripada bus dan karena semua komputer dan perangkat terhubung ke central point.
keuntungan topologi star ialah.......

·                     Kita dapat menggunakan beberapa tipe kabel di dalam jaringan yang sama dengan hub yang dapat mengakomodasi tipe kabel yang berbeda.
Topologi star mempunyai kekurangan sebagai berikut:

·                     Memiliki satu titik kesalahan, terletak pada hub. Jika hub pusat mengalami kegagalan, maka seluruh jaringan akan gagal untuk beroperasi
                                  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar